Januari 30, 2013

Wilayah Administrasi Pedukuhan Pringwulung


  • Lokasi Pedukuhan Pringwulung
    Pedukuhan Pringwulung terletak di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pedukuhan Pringwulung berjarak kurang lebih 3 km dari kantor desa, 15 km dari kantor kecamatan, 40 km dari Kota Wonosari dan 70 km dari Kota Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, terdapat dua akses jalan yang dapat ditempuh untuk menuju Pedukuhan Pringwulung baik dengan kendaraan roda dua dan roda empat, yakni Jalan Wonosari dan Jalan Imogiri. Keduanya akan bertemu di Kecamatan Panggang sebelum masuk Kecamatan Saptosari dan Pedukuhan Pringwulung. Perjalanan kurang lebih akan memakan waktu 90 menit dari Kota Yogayakarta.
  • Wilayah Pedukuhan Pringwulung
    Pedukuhan Pringwulung memiliki luas wilayah ± 35 Ha dengan 70% wilayahnya merupakan ladang, pekarangan dan perbukitan 30% sisanya pemukiman warga. 

Pedukuhan Pringwulung
Sumber : Dok. KKN  62 UAJY, 10 Januari 2013

  • Batas Wilayah
Batas administratif wilayah Padukuhan Pringwulung :
  1. Utara
    Wilayah Utara dari Padukuhan Pringwulung berbatasan langsung dengan Pedukuhan Sawah.
  1. Selatan
    Sedangkan wilayah Selatan padukuhan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Meskipun berbatasan langsung dengan lautan, garis pantai di wilayah Padukuhan Pringwulung merupakan gugusan tebing karang sehingga sulit untuk dikembangkan sebagai potensi pariwisata.


    Gugusan Tebing Karang , Batas Selatan Pedukuhan Pringwulung
    Sumber : Dok. KKN  62 UAJY, 10 Januari 2013
  1. Timur
    Batas dari wilayah Timur padukuhan adalah perbukitan dan ladang milik warga. Di bagian Timur perbukitan sudah masuk Padukuhan Sawah. Sedang di sebelah barat perbukitan merupakan bagian dari wilayah Pringwulung.
  1. Barat
    Sama halnya dengan batas di wilayah Timur, batas Barat dari wilayah padukuhan juga berupa perbukitan dan ladang. Sebelah barat perbukitan merupakan wilayah padukuhan Nyemuh sedangkan bagian timur perbukitan merupakan dari wilayah Pringwulung.


0 komentar:

Posting Komentar